Oleh :
Yudo Bayu Samodro
Dosen pembimbing :
Drs. M. Fatchi MS
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah : Pertama, untuk mengetahui apakah faktor – faktor
perilaku konsumen antara lain marketing mix, kebudayaan, sosial, pribadi, dan
psikologis mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam berbelanja di Hypertmart
Malang Town Square (MATOS) dan kedua, untuk mengetahui diantara lima
faktor yaitu marketing mix, kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis yang
berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja di
Hypertmart Malang Town Square (MATOS). Sehingga bisa membantu pihak
Hypertmart Malang Town Square (MATOS) dalam mengambil kebijakan
pemasarannya.
Penelitan dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa
quesioner. Teknik analisa data dilakukan dengan cara, Pengujian intrumen
penelitian yang terdiri dari : Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Peneliti
menggunakan pengujian validitas untuk mengetahui keakuratan dan ketelitian
suatu alat ukur dalam mengungkapkan suatu gejala. Validitas pertanyaan
penelitian dapat diuji dengan cara mencari signifikan koefisien korelasi ( r ) tiap
item pertanyaan quesiner terhadap total pertanyaan secara keseluruhan
dibandingkan dengan derajat kepercayaan pada taraf α = 0,05. Sedangkan uji
reliabilitas menunjukkan sejauh mana alat pengukur dapat diandalkan atau
menunjukkan sejauh mana konsistensi alat ukur dalam pengukuran reliabilitas
intrumen dengan menggunakan metode Alpha Crobach ( Arikunto : 165 ).
Analisis regresi linier berganda untuk mengetahui sejauh mana faktor marketing
mix (X1), budaya (X2), sosial (X3), pribadi (X4), dan psikologis (X5),
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja (Y). Uji F untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh faktor independent (X1, X2, X3, X4, & X5)
secara bersama – sama terhadap faktor dependent (Y). Uji t untuk menguji regresi
secara parsial signifikan atau tidak maka digunakan t hitung, yaitu untuk
mengetahui pengaruh secara parsial.
Dari hasil penelititan pada Hypertmart Malang Town Square (MATOS) dapat
disimpulkan bahwa : Pertama, faktor – faktor yang terdiri dari marketing mix,
budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan
dalam berbelanja di Hypertmart Malang Town Square (MATOS). Kedua faktor
yang berpengaruh dominan dalam kepuasan pelanggan dalam berbelanja di
Hypertmart Malang Town Square (MATOS) adalah faktor sosial.
Kata kunci : Perilaku Konsumen.
xii
Tidak ada komentar:
Posting Komentar